Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Label

Join us on facebook

Minggu, 20 Mei 2012

Pemanasan global terjadi dan apakah Pendinginan Global juga terjadi?
The Odyssey, sebuah karya yang ditulis oleh sang pujangga asal Yunani, Homer, sekitar 2.800 tahun silam, menuturkan bahwa, bumi mengalami periode pendinginan yang disebabkan oleh matahari. Dan fenomena yang sama tersebut kemungkinan akan kembali terulang.
Sebuah analisa terhadap sedimen di Danau Meerfelder Maar, Jerman, yang dilakukan olehIlmuwan Pusat Penelitian Jerman GFZ untuk ilmu geologi. Sang peneliti menemukan bukti, yang menunjukkan bahwa pendinginan mendadak dapat terjadi akibat cahaya matahari yang menurun.



Pendinginan Global Bakal Terjadi Pendinginan Global Akibat Penurunan Aktivitas Matahari? [Sains]
Pendinginan Global - ilustrasi

Dan beberapa ilmuwan juga telah memberikan dugaan mengenai periode aktivitas tinggi matahari pada saat ini akan dilanjutkan periode “minimum”. Aktivitas matahari tersebut termasuk titik hitam serta badai matahari yang terjadi pada tahun ini, dan kemungkinan akan memunculkan masalah. Bahkan menurut mereka, kondisi seperti ini akan besar pengaruhnya untuk dapat menimbulkan terjadinya “jaman es“.
Jika analisis yang mereka utarakan tersebut tepat, maka, besar kemungkinan akan terjadi efek langsung dari “cahaya matahari minimum”. Bumi akan mendingin secara drastis, prediksi mengenaglobal warming akan hancur.
“Gangguan musim dingin yang terjadi di semua wilayah Eropa, angin, serta peningkatan kelembaban, cocok dengan penurunan aktivitas matahari yang terjadi pada 2.800 tahun lalu.” tutur Dr. Achim Brauer dari GFZ.
Brauer juga telah mengukur sedimen danau, dengan tujuan untuk dapat mengetahui tanggal tepatnya dari prediksi perubahan iklim dalam jangka pendek tersebut. Periode pendinginan tersebut berlangsung selama 200 tahun.
“Dengan menggunakan pendekatan pada metodologi paling modern, mereka dapat menganalisa sedimen dari Danau Meerfelder Maar, Danau Maar di Eifel, Jerman. Dengan cara ini pula dapat menentukan variasi iklim tahunan serta aktivitas matahari tersebut.” tambahny.
Pada tiga ratus tahun yang lalu, perubahan yang serupa telah terjadi akibat matahari. Bumi mendadak menjadi dingin. Mereka menyebutnya periode “zaman es kecil“. Dengan adanya fenomena tersebut, banyak orang-orang kelaparan akibat hasil pertanian mereka membeku.
Story Courtesy by DailyMail

0 komentar: